KUSEN ALUMINIUM

No Comments

Rumah dengan kusen dari kayu sudah jamak, alias tidak asing lagi. Terlebih di Indonesia yang memang surga segala macam jenis kayu indah dan bermutu tinggi. Tinggal pilih, mau pakai jenis kayu apa, semua tersedia.

Sayangnya, meskipun dari segi fungsi dan estetika kusen dari kayu tidak usah diragukan lagi, ada dua "musuh" utama kusen-kusen kayu tersebut. Pertama: rayap. Kedua: warna yang semakin kusam. Belum lagi musuh lain berupa penyusutan akibat terkena perubahan cuaca dari panas-hujan-panas, berkali-kali.

Memanfaatkan kusen yang terbuat dari alumunium adalah salah satu cara kita terbebas dari ketiga masalah tersebut. "Selain tahan lama, alumunium juga tak menyusut dan tak dimakan rayap.

Tak hanya kusen pintu dan jendela, bahan alumunium juga bisa dipakai untuk daun pintu dan folding door (pintu lipat). "Ada yang sudah jadi, ada pula yang dibuat sesuai pesanan. Desain pintu bisa satu daun atau double swing, dengan bentuk daun panel utuh atau dilengkapi daun kaca."

Sebagai masyarakat yang terbiasa memakai kayu sebagai kusen, unsur warna alumunium yang silver kerap membuat orang enggan mengganti kusen kayunya dengan alumunium. Padahal, dengan alumunium pun kusen bisa tetap tampil gaya. Tergantung finishing-nya. Finishing bisa dengan berbagai warna dasar seperti cokelat, hitam, putih, atau wood finishing seperti kayu. Jadi, dari luar tampak seperti kayu, bukan alumunium.

Satu hal yang membuat warna kusen alumunium tak mudah luntur meskipun terkena perubahan cuaca adalah karena powder coating.

Kelebihan lain dari alumunium adalah free maintenance (bebas perawatan) . "Kalau kotor cukup dibersihkan atau dilap dengan air. Bahannya, kan, logam dan anti karat."





Untuk pemasangan memakan relatif singkat. "Mengukurnya harus benar-benar pas dan akurat dengan jendela. Jika kebesaran bisa bocor, dong. Dan alumunium juga enggak bisa digergaji seperti kayu.

Bagaimana soal harga? PM Aluminium membanderol harga sekitar Rp 60 ribu per meter lari untuk alumunium. Sebagai contoh, jendela dengan ukuran 60 x 120 cm plus kaca memakan biaya kurang lebih Rp 950.000. "Memang, untuk jangka waktu pendek harga ini lebih mahal dibandingkan jika memakai kayu. Tapi, kan, lama-lama kayu kalau kena panas bisa menyusut atau mengembang. Belum lagi jika sudah pudar kayu perlu dikikis atau difurnish lagi. Berarti tambah biaya. Sedangkan alumunium tidak.

Lebih Bergengsi?
1. Bahan alumunium tidak merusak hutan dan kayu.
2. Kusen alumunium dengan wood finishing akan tampil artistik karena pelapisnya terlihat mirip kayu.
3. Alumunium bisa bertahan lama tanpa perawatan yang rumit. Kalau ada noda tinggal dibersihkan dan tidak perlu pengecatan karena bahan dasarnya sudah anti karat.
4. Sesuai dengan kemajuan zaman, konon kusen alumunium lebih prestise daripada kusen kayu.

Pilihan aluminium

harga Aluminium berdasarkan ukuran, warna, merek dan tingkat harga nya :

Ukuran Kusen Aluminium:
Ada tiga jenis kusen aluminium yaitu:
a. Kusen Aluminium 2 inchi (sudah tidak produksi)
b. Kusen Aluminium 3 inchi
c. Kusen Aluminium 4 inchi

Harga kusen aluminium untuk 4 inch lebih mahal dari pada yang 3 inch.

Warna Aluminium :
1. Warna aluminium standar : Hitam (Black),Coklat (Dark Brown),Silver (CA -Netral)

2. Warna lain aluminium :
Aluminium warna Powder Coating
Warna aluminium natural yang di cat ulang lagi dengan proses pengecatan Powder Coating yang warna nya dapat di pilihan.Tersedia daftar catalog warna yang bisa di pilih untuk disesuaikan dengan selera, warna logo perusahaan, juga motif urat kayu jati. Daftar katalog warna ada pada kami

Merek Aluminium
1. YKK
2. Alexindo
3. Alcomexindo
4. Alco
5. Hp Metal

Masing-masing aluminium mempunya spesifikasi  yang berbeda pada setiap produk nya.

Harga Kusen Aluminium & Jendela

Harga permeter terpasang untuk masing-masing merek aluminium berbeda. Hal ini tergantung baut/skrup yang di gunakan ( baut besi atau baut galvanis, ukuran  ), accessories yang terpasang ( merk engsel, kunci, handle ) dan banyak factor lainnya.


Baca juga : cara menghitung estimasi harga kusen aluminium

Harga yang murah belum tentu akan menjamin accessoris yang digunakan juga berkualitas dan tahan lama. Accesoris yang murahan mengakibat kan seringnya perawatan berkala, bongkar pasang accessories yang akan memperburuk keadaan aluminium itu sendiri. Terkadang tidak memiliki nilai jual dan bisa di wariskan kepada anak cucu atau generasi berikut nya.

supported by  PM ALUMINIUM BANDUNG

0 komentar:

Posting Komentar